Provinsi Bali

Written by Loli on December 28, 2020 in Efek Covid bagi pariwisata with no comments.

Dia menargetkan, pembukaan wisata bisa dilakukan pada Mei 2021 terutama khusus untuk wisatawan domestik. Setelahnya, jika proses vaksinasi virus korona berjalan lancar pembukaan wisata akan dilaksanakan untuk wisman. Kabupaten Jembrana yang memiliki posisi strategis, khususnya dalam menghubungkan Pulau Bali dan Pulau Jawa, diharapkan dapat meningkatkan perkembangan ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat setempat. Status aset yang merupakan milik pemerintah pusat membuat pemerintah kabupaten belum berani turun tangan untuk mengelola dan memanfaatkan ACM.

“Kini perlu meyakinkan pemerintah pusat jika Bali siap untuk open border. Pelaku pariwisata siap dengan sertifikasi CHSE dan penerpaan prokes, program vaksinasi menjadi bukti betapa seriusnya Bali serta zona hijau,” paparnya. PROKES – Pembukaan pariwisata Bali bisa terwujud dengan syarat semua pihak patuh menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Penyelenggara memastikan seluruh proses vaksinasi dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat seperti memakai masker, menjaga jarak dan menyediakan fasilitas cuci tangan maupun _hand sanitizer_ di lokasi vaksinasi.

Dalam proses pemulihan pariwisata untuk wisatawan domestik, Provinsi Bali juga memberlakukan sistem verifikasi untuk seluruh tujuan destinasi wisata, hotel dan lainnya. Padahal Vietnam dianggap sangat baik dalam mengontrol penyebaran virus corona COVID-19. Sudah lama Vietnam tidak memiliki kasus baru selama lebih dari 3 bulan. Pada akhir April 2020 lalu bahkan tak ada laporan kematian akibat COVID-19 di Vietnam. Pembukaan kawasan pariwisata ini justru menghasilkan kematian pertama karena COVID-19 di Vietnam. Harus ada syarat memang yang harus dilakukan dengan membuka kembali pariwisata di Bali.

Meski demikian, capaian tersebut tercatat lebih tinggi dibandingkan inflasi Nasional dan Sumatera yaitu sebesar 1,69% dan 1,90% . Sampai dengan triwulan IV tahun 2020, secara nominal, realisasi pendapatan daerah Provinsi Lampung sebesar Rp4,15 triliun (60,02% dari pagu APBD), tercatat mengalami penurunan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp5,38 triliun (69,21% dari pagu APBD). Adapun lebih rendahnya realisasi pendapatan terutama didorong oleh penurunan penerimaan DAK Fisik sejalan dengan kebijakan ditengah pandemi COVID-19.

Bali ingin membangkitkan perekonomian setelah covid

Program #TerusUsaha di Bali bertujuan mendukung percepatan digitalisasi UMKM melalui rangkaian pelatihan dan pemanfaatan teknologi. “Kami berharap pelaku industri pariwisata dan UMKM di Bali bisa bangkit dan siap menyambut siklus bisnis baru di period New Normal ini dengan teknologi,” terang Halim. Program TerusUsaha ini mencakup berbagai inisiatif akselerasi khusus untuk melatih dan meningkatkan keterampilan UMKM, iklan gratis untuk membantu pelaku usaha meningkatkan visibilitas secara online. Sehingga dapat meningkatkan penjualan, juga microsite yang dirancang khusus bagi UMKM untuk memberikan ideas KONG4D dan juga pengetahuan lainnya agar mereka dapat mengembangkan bisnisnya. Dalam hal meredakan polemik di masyarakat terkait bantuan yang diberikan oleh pemerintah dan memudahkan masyarakat untuk menilai dirinya apakah bisa mendapatkan bantuan atau tidak maka terdapat beberapa hal yang patut diketahui. Ombudsman Republik Indonesia sebagai lembaga Negara Pengawas Pelayanan Publik juga akan turut serta ambil bagian dalam proses pengawasan pelayanan pemberian bantuan pemerintah.

Protokol kesehatan harus betul-betul dipatuhi baik oleh semua pihak. Namun upaya Pemprov Bali dengan mengeluarkan sertifikat protokol kesehatan tak akan efektif tanpa adanya pengawasan yang kuat dan tegas. Pengaruh virus corona terhadap unit usaha kerajinan dari kayu dan rotan, usaha mikro akan berada di angka 17,03%. Untuk usaha kecil di sektor kerajinan kayu dan rotan 1,77% dan usaha menengah 0,01%.

Comments are closed.