Meski Lulusan Sd, Tapi Orang

Demikian juga dengan sekolah menengah kejuruan yang kini tengah giat memfokuskan pendidikan soft ability berupa entrepreneurship mindset yang disertakan pada masing-masing kurikulum pembelajaran. Salah satunya dapat ditengok pada Nugroho Wirakusuma, siswa kelas XII SMK Mitra Industri MM2100 yang kini sukses membuka bisnis jual beli dan reparasi velg dengan omzet jutaan per bulannya. Buku ini juga dilengkapi Bandar Slot dengan panduan mendirikan bisnis dalam waktu 15 hari atau kurang, berdasarkan pengalaman-pengalaman penulisnya. Usaha jahit merupakan bisnis di pedesaan yang cukup menjanjikan. Apalagi cakupan usaha ini sangatlah luas dan memiliki kesempatan yang besar dalam berinovasi. Karena peluang usaha di pedesaan ini sangatlah dinamis perkembangannya, sehingga sangat cocok untuk anak muda yang mempunyai semangat untuk belajar dan berinovasi.

Kagetnya ditahun 2020 ini Widya banting stir dengan mencoba usaha kuliner. Dengan mendirikan Stand Bobba dengan Brand Menyadi Bobba Cheese di Pangkalam Bun, dan telah mendirikan 2 Stand Bobba. Ceritanya berawal dari keisengannya meracik sebuah olahan berbahan kunyit untuk dijadikan masker wajah. Seiring berjalannya waktu mahasiswi 21 tahun ini berhasil mengembangkan usahanya, alhasil model yang diperjualkannya laris dipasaran. Ilmu yang didapat semasa kuliah akan berkontribusi besar dalam berwirausaha. Sehingga berkuliah tidaklah hanya untuk mendapatkan sekedar ijazah ataupun gelar.

Tentu saja gaji sebesar itu tidak cukup untuk menghidupi anak-ankanya yang berjumlah four orang, termasuk Agus Setiawan anak kedua dari 4 bersaudara. Gak menutup kemungkinan, kalau mau menekuni usaha yang udah dimulai sejak masih duduk di bangku kuliah, kamu bisa #MerdekaFinansial dalam kurun waktu yang terbilang singkat. Menurut Tama, mahasiswa yang ingin berbisnis harus kuat psychological. Apalagi, jika bisnis dimulai dari nol, seseorang harus siap menerima rintangan dan tantangannya.

Di Jakarta, ia kemudia menggelar lapak kecil di daerah Senayan dan Pasar Taman Puring, Jakarta Selatan. Untuk berjualan baju, Bong mendapatkan modalnya dari kota Bandung. Di sela- sela kesibukannya, ia berangkat dari Jakarta menuju Bandung sendirian. Ia mencari penjual baju yang mau mempercayakan baju nya untuk dijual ke Jakarta. Kondisi keluarga Bong cukup baik hingga akhirnya krisis ekonomi tahun 1998 ikut menghantam usaha kue ayahnya hingga terancam gulung tikar dan bangkrut. Sejak saat itu, hidup keluarga Bong menjadi berat karena roda ekonomi mereka nyaris lumpuh.

Menjadi pengusaha sambil sekolah

“Padahal, saya memang suka mengkritik yang salah dan mendukung yang benar. Cak Thoriq juga tidak pernah membungkam kritikan kritikan saya. Saya mengutarakan langsung dan beliau merespon dengan baik”, ungkapnya. Sejak tahun 2015, Setiawan sering pulang pergi Lumajang-Jakarta . Karena sering pulang ke Lumajang dia mulai bergaul dan beriteraksi dengan banyak teman organisasi, bahkan seringkali membantu dalam kegiatan sosial maupun lainnya.

Kamu bisa bekerja menjadi seorang penyiar radio di stasiun radio lokal. Mungkin gajinya tidak seberapa, tapi ini bisa menjadi latihan dan pengalaman kerjamu nanti. Apalagi penyiar radio memiliki waktu yang relatif lebih fleksibel dan cocok untuk pelajar sma atau smk.

Mulai bisnis ini dengan menjadi anggota grup jual beli barang Facebook di tempat mu. Terutama buat anak SMK yang memang ketika lulus sudah dipersiapkan untuk bekerja langsung. Berbeda dengan anak SMA yang memang dikhususkan untuk kuliah di perguruan tinggi. Atau untuk anak-anak Madrasah Aliyah, yang ingin mencicipi seni berdagang sesuai dengan anjuran sunnah nabi. Penghasilannya ia katakan cukup banyak untuk ukuran anak sekolah.

Mereka menganggap semua bisnis itu membutuhkan modal yang besar, akhirnya mereka memutuskan bekerja dulu sambil mengumpulkan modal. Wanita 26 tahun itu sementara ini ‘banting setir’ menjadi pengusaha APD jenis face protect. Semua dilakukan untuk bertahan hidup saat bisnis sebelumnya ikut terimbas virus corona. Jaringan pertemanan yang luas ia manfaatkan semaksimal mungkin. Pun dibarengi dengan peningkatan kualitas produk yang ia jual.