6 Tips Tenang Atasi Tantrum Pada Anak

Written by Loli on March 2, 2021 in LIP with no comments.

Menjadi orang yang sabar bukanlah sesuatu yang dilakukan untuk meringankan beban orang lain. Sebab, ternyata melatih kesabaran bisa mengurangi risiko seseorang terkena depresi di kemudian hari. Kurang tidur bisa membuat kita menjadi lebih mudah marah, tegang, dan tidak sabaran. Karena itu, agar hati dan pikiran menjadi lebih tenang dan sabar, pastikan untuk memenuhi waktu istirahat. Kata sabar mudah diucapkan namun aplikasinya dalam kehidupan butuh kesungguhan. Ketika seseorang yang mendapat musibah dapat menghadapinya dengan ikhlas dan sabar, maka Allah akan menaikkan keimanannya dan menyediakan pahala baginya menjadi salah satu keutamaan sabar.

Cara untuk melatih kesabaran terhadap anak

Ketika membacanya, jangan sekadar membaca, namun amalkan juga ajaran Kitab Suci dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, berkumpul dengan orang-orang sabar tentunya akan membuat kamu ikut terbawa dan kamu pun jadi ikut berperilaku positif. Kamu juga akan mendapat banyak perspektif dan ilmu baru terkait berlaku sabar yang akan membuatmu menjadi lebih bijaksana. Menyajikan berita Indonesia yang membangun, menginspirasi, dan berpositif considering berdasarkan jurnalisme positif.

Ada baiknya kalian mengisi tas dengan “persenjataan” untuk membuat anak sibuk sendiri atau bisa digunakan sebagai pengalih perhatian saat ia menunjukkan tanda-tanda akan tantrum di depan umum. Benda-benda ini terlihat remeh, tapi bisa jadi bantuan yang ampuh di saat darurat. Sikap yang tenang akan membuat tantrum anak Beli Free Spin lebih mudah untuk diatasi. Kalian juga bisa mengajak anak ke tempat yang lebih sepi dan tenang guna menenangkan emosinya. Ajak anak untuk bicara dengan tenang, tanyakan apa yang menyebabkan dirinya kesal dan cari tahu solusinya bersama-sama. Sikap manja juga bisa membuat anak menjadi pribadi yang cengeng dan egois.

Konsentrasi-Mereka tidak terganggu oleh wajah-wajah yang memprovokasi; hati mereka tetap teguh, tenang, dan damai. Kebijaksanaan-Hati mereka tidak terganggu oleh hal-hal yang mereka temui karena mereka memahami tabiat manusia dan mereka mampu untuk mengatasi situasi dengan terampil. Akidah menjadi sebuah tonggak yang sangat penting dalam menjalani hidup, untuk mengajari anak. [newline]Setelah itu kita manfaatkan untuk membangkitkan agar anak selalu ingat akan rahmat dan kasih sayang-Nya, dengan berpegang kepada dua hal yatu perhatian dan pemikiran. Metode ini lebih mengedepankan kesadaran orang tua dalam mendidik anak dengan cara penuh perhatian dan berempati, mengendalikan emosi saat bersama anak, dan tidak menghakimi diri sendiri dan orang lain.

Secara langsung, puasa mengajarkan dan melatih kita untuk bersabar. Puasa, secara garis besar melatih seorang Muslim untuk dapat bersabar dalam segala hal. Seperti yang pasti sudah Mommy ketahui, anak merupakan cerminan dari bagaimana orangtuanya bersikap dan berperilaku. Orangtua yang mencontohkan sifat sabar dan tenang juga akan membentuk anak yang penuh kesabaran.

Seperti yang kita tahu, membuat kue itu melewati beberapa tahap. Jadi, Mama bisa melatih kesabaran mereka dengan memberikannya tanggung jawab. Mulai dari menyiapkan bahan dan peralatan, mengolah bahan kue kesukannya, mengukus atau memanggang kue, menghias kue, hingga memasukkan kue-kue tersebut ke dalam toples. Ketika terpaksa menghadiri rapat dan malah harus menunggu si pengundang tiba, Anda mungkin merasa jengkel. Mengeluh dan marah akan situasi ini memang manusiawi, tapi tidak akan memperbaiki situasi. Sebaiknya sambil menunggu, alihkan perhatian dan waktu Anda untuk mengerjakan hal lain yang lebih berguna.

Comments are closed.